Analisis Operasional Hotel


ANALISIS OPERASIONAL HOTEL

Menjalankan bisnis suatu hotel tidak berbeda dengan perusahaannya lainnya dalam hal pengelolaan keuangannya.  Pengelolaan keuangan yang baik akan menjunjang  keberhasilan usaha, sebaliknya tanpa pengelolaan keuangan yang baik maka usaha berisiko mengalami kegagalan.   Salah satu kegiatan yang perlu dilakukan dalam pengelolaan keuangan yaitu perlunya analisis terhadap laporan keuangan dan operasional.
            Analisis keuangan yang terkait dengan operasional bertujuan untuk menyajikan informasi secara terstruktur  mengenai keadaan keuangan perusahaan. Analisis terhadap laporan keuangan perusahaan pada dasarnya untuk mengetahui tingkat profitabilitas (keuntungan ) dan tingkat risiko aatau tingkat kesehatan perusahaan.  Analisis keuangan mencakup analisis rasio keuangan, analisis kelemahan dan kekuatan bidang financial dan operssional,yang sangat membantu dalam menilai kinerja manajemen masa lalu dan prospeknya dimasa datang.   Analisis antara lain menyajikan informasi mengenai: tingkat pencapaian target operasional yang telah direncanakan, tingkat pencapaian laba, efisiensi biaya, efektifitas pengolaan kas dan piutang, efektifitas pengelolaan persediaan dan sebagainya.


ALAT ANALISIS
            Analisis  keuangan yang terkait dengan operasional dapat dilakukan dengan menggunakan alat analisis  berupa Laporan Keuangan dan Laporan Operasional Harian.
1.  Laporan Keuangan
            Laporan Keuangan Hotel terdiri dari 2 (dua) laporan utama yaitu: Neraca dan Laporan Laba Rugi.     Laporan keuangan menyajikan informasi keuangan perusahaan pada waktu yang lalu sehingga menggambarkan “apa yang telah terjadi”.  Angka- angka yang disajikan dalam laporan keuangan  hanya akan merupakan data bagi manajemen untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan antara lain: jumlah kas, jumlah piutang, jumlah hutang , tingkat laba.  Tanpa analisis keuangan lebih lanjut, angka - angka tersebut  tidak dapat menggambarkan apakah kondisi tersebut menguntungkan ataukah merugikan bagi kesehatan keuangan perusahaan.  Analisis memberikan tolok ukur dan diskripsi mengenai kondisi tersebut bagi manajemen untuk pengambilan keputusan usaha.

2.      Laporan Operasional Harian
Selain Laporan Keuangan, dalam operasional hotel disusun pula laporan operasional harian, yang menyajikan tingkat pencapaian operasional setiap harinya.  Laporan ini khususnya menyajikan mengenai tingkat penjualan dan statistik dari dua departemen mayor yaitu: Room dan Food and Beverage.   Karena disajikan setiap hari, maka manajemen dapat segera mengetahui tingkat pencapaian rencana  dan target usaha setiap harinya. Analisis menyajikan informasi mengenai tingkat pencapaian anggaran operasional, pencapaian tingkat penjualan , kebijakan harga dan discount serta produktivitas usaha.

PROSEDUR ANALISIS
            Analisis yang dilakukan dari waktu ke waktu sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain: ekonomi, pasar, persaingan, kondisi umum dan sebagainya.  Sehingga, hal-hal tersebut perlu dipertimbangkan dalam melakukan analisis.
1.      Memahami  Latar Belakang Data Keuangan
Analisis dilakukan perlu memahami terlebih dahulu pedoman dalam penyusunan laporan keuangan.    Kebijakan Akuntansi yang digunakan misalnya: FIFO untuk pengelolaan persediaan bahan makanan, Metode Garis Lurus dalam penghitungan Penyusutan Aktiva Tetap, Metode Rata – rata untuk penghitungan harga perasediaan, Metode Prosentase Cost untuk penghitungan  Harga Jual, dan sebagainya.  Sistem dan Format Laporan Keuangan, perlu memahami format yang digunkan dalam menyusun Laporan keuangan, misalnya dalam laporan keuangan hotel, perlu disusun laporan keuangan tiap-tiap departemen dan perhitungan laba rugi tiap-tiap departemen.  Pada  umumnya laporan keuangan hotel disusun berdasarkan “Uniform System of Account for Hotel” yang distandarisasi oleh AHMA (American Hotel Motel Association).


2.      Kondisi Yang Mempengaruhi Usaha Hotel.
Dalam melakukan analisis, perlu mempertimbangkan kondisi-kondisi yang mempengaruhi usaha suatu hotel.  Kondisi tersebut misalnya : Ekonomi, Pariwisata, Transportasi, Keamanan Negara, Politik, Kondisi Alam, Persaingan/pasar dan sebagainya.   Kondisi – kondisi tersebut dapat  mempengaruhi kondisi keuangan perusahaan diluar batas pengendalian manajemen.  misalnya,   bencana alam disuatu kota akan mempengaruhi tingkat penjualan kamar hotel (turun), hal tersebut  tentunya diluar batas kemampuan manajemen dalam memasarkan hotel.  Kejadian – kejadian tersebut perlu dipertimbangkan dalam menganalisis.

3.      Mereview Penyusunan Laporan Keuangan
Sebelum melakukan analisis terhadap laporan keuangan, perlu  mereview kembali
Penyusunan laporan keuangan dari tahun ke tahun.  Langkah ini sangat penting untuk memastikan apakah metode – metode akuntansi di gunakan secara konsisten dari tahun- ketahun.  Perubahan metode penyusutan aktiva tetap (misalnya: dari metode Beban Menurun ke metode garis lurus) akan mempengaruhi perhitungan Laba yang diperoleh.  Kalau hal ini terjadi, maka kenaikan laba yang diperoleh bukan berasal dari kegiatan usaha, melainkan hanya dari perubahan metode akuntansi saja.

4.      Menganalisa Laporan Keuangan
Langkah terakhir yaitu melakukan analisis terhadap laporan keuangan.  Dalam melakukan analisis terdapat beberapa tehnik yang dapat digunakan manajemen sesuai dengan tujuannya.

METODE  ANALISIS
            Ada dua metode analisis yang dapat digunakan yaitu:  Metode Horizontal dan Metode Vertikal.
1.      Metode Analisis Horizontal
Metode analisis horizontal merupakan metode analisa data keuangan secara berurutan dari tahun ke tahun. Analisis secara berurutan  bertujuan untuk mengetahui perkembangan dan perubahannya dari tahun ke tahun.  Tehnik analisis yang menggunakan metode antara lain: trend/index dan comparative.

2.      Metode Analisis Vertical
Metode analisis vertical merupakan metode analisis keuangan berdasarkan hubungan antar rekening dalam  satu periode laporan saja.  Analisis ini bertujuan untuk mengetahui komposisi dan rasio keuangan perusahaan.  Tehnik analisis yang digunakan yaitu: Analisis rasio, common size, titik impas usaha dan perhitungan lainnya.

TEHNIK ANALISIS
            Tehnik analisis dapat menggunakan beberapa alat sebagai berikut sesuai dengan tujuannya:
1.      Analisis Trend
2.      Analisis Komparative
3.      Analisis Common Size
4.      Analisis Rasio

KLIK! Penjelasan Rekening dalam Laporan Keuangan Hotel